Booting dingin & booting panas

A. Booting dingin
adalah suatu proses pertama kali menghidupkan computer dari kondisi mati menjadi hidup dengan cara menekan tombol power.
Dari pengertian tadi dapat disederhanakan menjadi Booting dingin sama artinya dengan proses menghidupkan atau mengaktifkan computer.

Untuk melakukan cold booting langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. pastikan bahwa kabel pada power suply / listrik sudah terpasang dengan baik .
  2. hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor , biasanya ada pada bagian bawah layar monitor .
  3. tekan tombol power pada bagian depan CPU , tunggu beberapa saat sampai tampilan dekstop muncul (jangan menekan tombol apapun jika proses sedang dilakukn . dekstop merupakan langkah awal untuk ,memasuki dunia komputer .

Untuk mengoperasikan desktop diperlukan mouse atau keyboard tetapi banyak orang memilih menggunakan mouse karena dapat mempermudah mengoprasikan komputer , dibandingkan dengan menggunakan keyboard.

Mouse dapat dioperasikan dengan menggerakkannya . Indikator mouse berupa tanda panah pada dekstop . Tanda panah selalu bergerak mengikuti gerak mouse diatas meja . untuk mengeksekusi perintah dengan mouse , gunakan klik kiri yang ada dibagian depan mouse .

Langkah-langkah mematikan computer :
1. klik turnoff komputer, maka muncul dialog pilihan sebagai berikut :

Stabd by: mengistirahatkan komputer, tetapi komputer tetap hidup.
Turn off: mematikan omputer
Restart : membooting ulang
Cancel : membatalkan perintah untuk mematikan komputer

2. pilih turn off computer
Komputer untuk beberapa saat akan mengecek keadaan dirinya dan tak lama kemudian lampu di CPU akan padam yang menandakan bahwa komputer sudah mati. Untuk menghidupkan kembali, ikuti langkah 1. Perlu diingat bahwa jangan sering menghidupkan dan matikan komputer dalam jangka waktu pendek karena akan berpengaruh pada program (software) dan perangkat kerja (hardware) komputar khususnya hardisk.

B. Booting panas
Booting panas atau warm booting adalah Booting komputer dalam keadaan hidup oleh karena Komputer yang sedang beroperasi tiba-tiba mengalami gangguan. Gangguan seperti ini dapat menyebabkan komputer menjadi hang sehingga komputer harus di booting ulang.

Bila computer mengalami gangguan maka harus dibooting panas.
Cara untuk melakukan warm booting langkah-langkahnya :
  1. Klik tombol start
  2. Pilih turn off computer, lalu muncul tiga pilihan (Turn off: mematikan computer, Restart : membooting ulang, serta Cancel : membatalkan perintah untuk mematikan computer)
  3. pilih restart.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Cara Install Dual Boot Ubuntu dan Windows7 Pakai Flashdisk USB