Menganalisa masalah yg sering terjadi pd Komputer

masalah_pada_komputer
Beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer, umumnya terjadi pada saat komputer mau dihidupkan. Bentuknya macam-macam, bisa berupa pesan yang tiba-tiba muncul, lampu indikator tidak menyala, dan masih banyak lagi yang perlu untuk dianalisa.

Sebagai pemilik dan pengguna komputer alangkah lebih bijaksana bila mengetahui karakteristik komputer miliknya. Selain itu tidak ada salahnya untuk sejenak mempelajari permasalahan yang sering terjadi pada komputer, sehingga bila kemungkinan itu menimpa pada komputer milik kita, maka kita dapat mengambil tindakan pencegahan untuk menekan kerusakan komputer yang lebih parah.

Masalah-masalah itu diantaranya:
1. Ketika sedang Booting, komputer menampilkan tulisan “ CMOS check sum error “ .
Ini menandakan bahwa battu baterai BIOS sudah low. Tindakan yang harus dilakukan: ganti baterai BIOS sesuai dengan ukuran aslinya.

2. Sewaktu dihidupkan, Komputer tidak menampilkan apa-apa dan tidak ada suara yang keluar dari speaker. Tips : Periksa kabel yang menghubungkan antara VGA dengan monitor. Jika tidak ditemukan adanya kerusakan, kemungkinannya adalah VGA Cardnya yang rusak.

3. Komputer mengeluarkan suara beep berulang-ulang sewaktu dihidupkan.
Solusinya : Periksa RAM, mungkin ada debu / kotoran, coba di lepas dan dibersihkan memakai karet penghapus pensil, lalu di pasang kembali. Jika tetap tidak ada perubahan, ganti RAM.

4. Indikator HarDisk menyala terus, kemungkinan HarDisk sudah terkena BAD Sector pada Sector nol nya. Bila belum begitu parah, masih bisa di Low Level Format, setelah itu dipartisi dan diformat, kemudian coba discandisk dengan surface check.

5. Komputer menampilkan pesan “DISK BOOT FAILUR OR NON SYSTEM ON DISK”, ini artinya pada Disk tidak terdapat system untuk di load ke RAM, atau HarDisk belum di set menjadi active pada waktu melakukan partisi.

6. Komputer dapat loading sampai ke Windows, tapi tampilannya pecah-pecah jika di set ke high ataupun true colour, Ini berarti VGA Card sudah tidak mampu untuk menampilkan warna dan resolusi maksimum.

7. Pertama kali dihidupkan tampilan pada layar monitor kabur, ini menandakan bahwa pengatur Focus pada FlyBack monitor sudah tidak bagus, biasanya penyelesaiannya dengan di cangkok.

8. Tampilan pada monitor lama-kelamaan semakin tidak jelas ( kabur ), penyelesaiannya sama dengan no.7.

Mudah-mudahan setelah mengetahui beberapa masalah yang sering muncul pada komputer, kita dapat mengenatisipasi dan cepat-cepat ambil tindakan untuk meminimalisir kerusakan komputer. Terima kasih buat sofytkj.blogspot.com yang sudah share ilmu demi kemajuan IT di Indonesia. Ikuti terus update blog roomantik yang menyuguhkan tips-tips mudah bagi siapa saja yang mau belajar TIK.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Mengenal Icon di tab Review MS.Word 2010