Hati-hati banyak Kamera tersembunyi di Toilet

Kamera tersembunyi di toilet
Pemasangan Hidden camera
Prasarana umum seperti toilet, kamar ganti, WC umum, kamar mandi umum, ruang ganti, kamar pas dan sejenisnya kini tak nyaman lagi. Pengguna fasilitas umum harus berhati-hati karena privasi anda tak lagi terjamin. Jangan langsung percaya dan aman-aman saja ketika memasuki sebuah ruangan, yang seyogyanya hanya diri sendiri saja yang mengetahuinya.

Kamera tersembunyi alias kamera pengintai atau hidden camera telah siap merekam gambar seluruh anggota badan anda.
Lebih waspada lagi jika anda adalah seorang cewek, sudah barang tentu paling banyak menggunakan fasilitas tersebut, maka kehati-hatian menjadi harga mati untuk menghindari kejahilan kamera tersembunyi. Biasanya hidden kamera dipasang di tempat-tempat yang kita anggap remeh. Misalnya ditempel di tengah shower atau peralatan pendukung toilet lainnya.

Bagaimana cara mengetahui keberadaan kamera tersembunyi di dalam ruang ganti/toilet?
Menurut halaman Facebook BKLDK (Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus) Bandung Raya, cara mendeteksi kamera di ruang ganti/toilet bisa dilakukan dengan 3 langkah berikut.
  1. Ambil ponsel dan pastikan ponsel bisa melakukan panggilan di luar/depan ruangan yang dicurigai.
  2. Masuk ke dalam ruangan yang dituju dan coba lakukan panggilan lagi.
  3. Jika tak dapat melakukan panggilan, berarti ada kamera tersembunyi. Ponsel tak dapat melakukan panggilan dikarenakan kabel serat optik pada ponsel saat transfer sinyal terganggu oleh kamera.

Selain kamera tersembunyi ada lagi cermin dua arah. Orang yang bercermin tidak tahu kalau ada orang lain yang berada di balik cermin itu. Cara-cara mendeteksi cermin dua arah dan kamera tersembunyi.

Untuk menghindari kemungkinan “diintip”, Berikut cara untuk mengatasinya :
  1. Tempelkan ujung kuku pada permukaan cermin. Jika terdapat jarak antara kuku dan bayangan kuku di cermin, berarti cermin itu cermin biasa (aman). Namun, jika kuku langsung menempel pada bayangan kuku di cermin, sebaiknya berhati-hati, karena itu berarti cermin yang dipasang adalah cermin dua arah dan kemungkinan ada orang di balik cermin yang tengah memperhatikan Anda.
  2. Cara lain adalah dengan menghembuskan uap mulut Anda ke cermin yang ada di depan Anda. Jika ada orang jahat di balik cermin, maka akan terlihat lewat uap mulut yang ada hembuskan itu

Saat ini teknologi kamera memang murah dan mudah didapatkan. Apalagi pemasangannya juga tak memerlukan bantuan ahlinya. Bila ingin memasang sendiri, penjual kamera dengan senang hati akan mengajarkan caranya.

Di satu sisi teknologi menguntungkan manusia, tapi di sisi lain dapat merugikan orang lain. Demikian pula Hidden camera memang sangat dibutuhkan, namun terkadang kecanggihan teknologi dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk kesenangan dirinya.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Mengenal Icon di tab Review MS.Word 2010