Penggunaan Tablet PC salah menyebabkan nyeri leher


salah penggunaan Tablet Pc sebabkan nyeri leher
Tablet Pc
Lagi-lagi kemajuan teknologi berdampak negative bagi kesehatan manusia. Selain gangguan pada mata akibat radiasi layar monitor, juga penyakit yang populer dialami banyak pengguna computer yakni RSI (Repetitive Strain Injuries). Satu lagi dampak buruk bakal dialami penikmat Tablet PC atau lebih populer dengan sebutan kommputer tablet yaitu nyeri leher akut.

Berbeda dengan Laptop atau netbook, computer tablet selain menawarkan kesimpelan dan kepraktisan, namun dibalik itu diperlukan trik khusus sehingga pemakai mendapatkan kenyamanan saat menggunakannya. Kebanyakan hanya karena gengsi, orang membeli Tablet PC tanpa memperhatikan apakah nyaman dipakai atau tidak, mereka mengesampingkan hal itu. Orang-orang yang menggunakan Komputer Tablet seharusnya menempatkan komputer itu pada sebuah tempat dan mengatur kemiringan layar bukannya menaruh di pangkuan mereka dalam waktu yang lama.

Para ahli Microsoft Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard dan mengatakan bahwa para pengguna Komputer Tablet memiliki resiko lebih tinggi daripada para pengguna laptop yaitu sakit di sekitar leher.
Pada penelitian yang dilakukan Jack Dennerlein, Dosen Departemen Kesehatan Lingkugan di Universitas Harvard memfilmkan 15 orang sukarelawan saat mereka sedang bekerja menggunakan Komputer Tablet dalam empat konfigurasi umum dan mengamati gerak-gerik mereka dengan menggunakan sistem analisa gerakan.
  1. Pada posisi pertama, Komputer Tablet tidak ditempatkan di meja tetapi ditempatkan di sebelah pangkuan tangan, sementara sebelah tangan yang lain digunakan untuk menyentuh layar.
  2. Pada kasus posisi kedua, para pengguna menaruh Komputer Tablet mereka di pangkuan mereka dan bekerja dengan kedua tangan mereka pada layar.
  3. Pada konfigurasi ketiga atau kasus posisi ketiga, Komputer Tablet ditempatkan di atas meja dimana layarnya didirikan di sudut yang lebih rendah dan para sukarelawan bekerja dengan kedua tangan mereka.
  4. Pada kasus posisi terakhir, Komputer Tablet ditempatkan diatas meja dengan kemiringan pada sudut yang lebih tinggi.
Kesimpulannya, para pengguna Komputer Tablet umumnya lebih banyak menderita sakit kepala dan leher akut daripada pengguna komputer desktop atau laptop, kata laporan yang diterbitkan dalam jurnal accident prevention. Penelitian juga menunjukkan bahwa ketika dua Komputer Tablet di tempatkan di sudut yang paling tajam (tinggi), postur badan pengguna mendekati posisi netral.

Hasil menunjukkan bahwa para pengguna Komputer Tablet dapat menempatkan Tablet mereka di tempat yang lebih tinggi, diatas meja daripada di pangkuan tangan, untuk menghindari sudut yang lebih rendah yang menyebabkan sakit kepala dan leher akut.

Bagaimana dengan apakah anda sudah menggunakan tablet PC dengan baik dan benar sehingga hal buruk seperti sakit pada leher dapat terhindarkan.? Semua itu tergantung dari anda sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Cara Install Dual Boot Ubuntu dan Windows7 Pakai Flashdisk USB