Penguat Sinyal Modem CDMA GSM

Modem adalah merupakan perangkat inti apabila sebuah PC/Laptop hendak mengakses internet. Sinyal internet dapat ditangkap oleh Laptop / PC setelah melewati modem. Modem yang populer di kalangan masyarakat adalah modem USB. Karena kesimpelannya, dapat dibawa kemana-mana, dan yang paling penting adalah harganya terjangkau.

Modem USB entah itu CDMA atau GSM disamping memiliki kelebihan seperti yang sudah disebutkan tadi, juga memiliki kekurangan, yakni masih adanya ketergantungan sinyal GSM/CDMA. Selain itu kondisi geografis juga menjadi kendala tersendiri, sehingga mengakibatkan sinyal tidak dapat diterima secara penuh.

Jika kendala sinyal menjadi salah satu penghalang sehingga tidak bisa berselancar internet, maka solusinya adalah bagaimana agar sinyal yang lemah tersebut dapat dikuatkan sehingga dapat ditangkap oleh modem. Dalam kondisi ini diperlukan sebuah piranti tambahan. Dan di toko sudah banyak tersedia antena penguat modem GSM / CDMA.
Anda bisa membelinya secara online maupun secara langsung datang ke toko peralatan komputer.

Namun jika anda tidak mau mengeluarkan kocek, atau tidak ada cukup uang untuk membeli antena penguat modem, anda bisa berkreasi membuat sendiri Penguat modem GSM atau CDMA seperti yang saya pakai, lihat gambar berikut:

Bahan-bahan untuk membuat Penguat Sinyal Modem GSM / CDMA:
  1. Satu (1 keping) Piringan CD bekas
  2. Potongan pipa paralon ¾ inchi panjang 15 cm.
  3. Kabel USB
Cara membuat Penguat Sinyal Modem GSM / CDMA tidak perlu saya jelaskan, saya anggap cukup dengan melihat gambar di atas, maka anda sudah bisa mempraktekkannya sendiri.
Hasil pengujian :
Menggunakan modem (gee Mobile CDMA), sim card memakai kartu Smartfren, sinyal yang didapat sebelum menggunakan Penguat Sinyal Modem GSM / CDMA hanya 2 (dua) bar. Setelah dipasang Penguat Sinyal Modem GSM / CDMA, sinyalnya bertambah menjadi 3 (tiga) bar.

Selamat berkreasi membuat Penguat Sinyal Modem GSM / CDMA.

Comments

  1. Ternyata benar pak sudah kucoba sinyalnya jadi nambah

    ReplyDelete
  2. Benar sekali cuma tapi masih ada cuma nya sinyal bisa naik ke atas namun tranfer data tetep yaitu db yang di terima tetep aja masih -90 ke atas. adakah solusi yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi lain bisa juga dengan mengganti DNS dengan bantuan software namanya namebench, lumayan bisa meningkatkan kecepatan browsing.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Mengenal Icon di tab Review MS.Word 2010