Ngeblog Nggak Bikin Kapok

Setelah anda membaca judul di atas, mungkin anda menganggap saya ini terlalu berlebihan. Mungkin benar tapi bisa juga salah tergantung orangnya. Bagi Blogger sejati tentu setuju dengan pendapat saya, lagian sah-sah saja kita bebas berpendapat kita kan hidup di negara demokrasi. Sehingga kalau saya berpendapat bahwa ngeblog tidak membuat kapok, tidak melanggar HAM.

Ada seorang blogger berpendapat "menulislah setiap hari dan rasakan manfaatnya", kalimat tersebut sungguh membuat otak ini jadi penasaran nilai-nilai apa yang tersirat di dalamnya. Dan apa yang melatarbelakangi sehingga orang tersebut mengeluarkan pernyataan itu. Manfaat apa yang didapat dari menulis, bukankah hanya buang-buang waktu saja sementara kita dituntut menafkahi keluarga?

Bagi para pemikir tentu hal ini menjadi sebuah tantangan benarkah pernyataan yang dilontarkan si pencetus kalimat tersebut. Kalau menurutku setuju karena saya sudah merasakan sendiri, buktinya saat ini saya menulis (red: membuat tulisan). Lantas apa manfaatnya dan apa yang dirasakan setelah menulis, kali ini saya akan berbagi pengalaman kepada anda makanya simak terus tulisan saya ini sampai selesai. Bila perlu baca berulang-ulang agar bisa menjadi inspirasi bagi anda.

Saya setuju dengan pendapat di atas makanya saya buat tulisan dengan judul "Ngeblog Nggak Bikin Kapok". Meskipun berbeda tetapi muatan di dalamnya adalah sama yaitu mengajak kepada kita semua agar rajin menulis.

Selama bergelut di jagat per-blog-an banyak pengalaman dan pengetahuan di dapat dari sana, terutama informasi yang bersumber dari internet sangat berguna dan bermanfaat. Bayangkan saja semua ilmu terpampang di sana dari mulai artikel pendidikan sampai ilmu tentang cara berbisnis on-line. Semuanya gratis bahkan kalau kita pandai memanfaatkan peluang dari sesuatu yang gratis ternyata dapat menghasilkan uang. Minimal memiliki sebuah blog dan nantinya akan disulap menjadi mesin uang.

Lambat laun jika anda mulai terjun di dunia blog, saya yakin sedikit demi sedikit mulai berfikir apa gunanya memiliki blog kalau tidak dimanfaatkan. Orang memiliki blog sebetulnya dia sudah punya investasi. Maka dari itu jika anda sudah memiliki sebuah blog jangan sia-siakan. Karena itu merupakan modal utama untuk berbisnis di internet.

Pengalaman selama memiliki blog banyak suka dukanya. Kelemahannya adalah kalau harus memelihara blog agar tidak menjadi kuburan online seperti blog saya yang lain sudah lama kutinggalkan. Bukan tanpa sebab kutelantarkan blog itu lantaran tidak produktif lagi. Hampir satu tahun kutinggalkan sejak ditendang dari google ads. Rasa bersalah dan penyesalan itu masih kurasakan hingga saat ini. Akhirnya domain yang sudah saya sewa tidak diperpanjang.

Kerinduan itu kupendam selama hampir satu tahun. Dan kini kubuka lembaran baru untuk bercengkerama dengan blog notesku.com. Semoga kesalahan tidak terulang kembali. Semangat ngeblog pun muncul kembali... Semoga.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Mengenal Icon di tab Review MS.Word 2010