Solusi Emulator yang Lemot pada Android Studio

Android Studio memang tergolong software berat apalagi bila dijalankan di laptop yang hanya mempunyai RAM 2 giga saja. Sedari awal kita sudah dipusingkan dengan besarnya file yang harus didownlod. Belum lagi proses instalasinya juga menyita waktu lumayan lama. Berdasar alasan ini sehingga tidak sedikit developper pemula yang mengurungkan niatnya mendalami Android Studio.

Pengalaman ini juga saya alami, sebetulnya saya mengenal Android Studio sudah lama yaitu sekitar dua tahun lalu. Namun baru beberapa bulan ini baru ada niatan untuk menjadi seorang develop. Alasannya seperti yang saya tulis tadi yaitu karena tidak sabar menunggu proses yang terjadi ketika download, instal, dan juga menguji coba aplikasi di Emulator Android Studio.

Awalnya belum tahu kalau Software Android Studio memiliki fitur untuk menjalankan aplikasi yang kita buat, langsung bisa dijalankan di perangkat android seperti tablet misalnya. Jadi selain menyertakan emulator dengan berbagai perangkat android, juga terdapat pilihan untuk langsung dihubungkan ke perangkat android.

Berdasarkan pengalaman saya ketika menjalankan app di emulator bawaan software android mengalami banyak kendala, salah satunya yaitu prosesnya lama bisa sampai setengah jam. Bayangkan saja kita menunggu setengah jam hanya untuk melihat satu app yang sedang kita buat. Tentu hal ini sangat menjengkelkan karena waktu kita habis untuk itu.

Tetapi setelah dicoba langsung dihubungkan dengan perangkat android, dalam hal ini saya memakai tablet 7 inchi, semunya lancar tanpa kendala, waktu yang dibutuhkan tidak sampai satu menit.
Jadi pada prinsipnya kita hanya mengganti emulator android dengan perangkat android yang sesungguhnya. Dengan begitu kita tidak lagi menggunakan emulator di windows, tetapi langsung dijalankan di perangkat android yang sesungguhnya.

cara menghubungkan android studio dengan perangkat android

Bagaimana caranya agar bisa menghubungkan Android Studio dengan perangkat android yang sesungguhnya ?
Ada persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:
  1. Laptop untuk menjalankan software Android Studio
  2. Kabel Data USB untuk menghubungkan perangkat android dengan Laptop
  3. Perangkat android, bisa Handphone Smartphone maupun Tablet
  4. Jika syarat sudah terpenuhi, tinggal hubungkan saja Perangkat android anda dengan Laptop. Tapi sebelumnya Perangkat android diseting dulu Debug USB nya agar bisa berfungsi dengan baik, caranya:
    • Buka Setting / Pengaturan Handphone
    • Aktifkan opsi pengembang (developper) caranya dengan mengetuk tiga sampai 5 kali pada menu “Nomor Bentukan”, atau apalah biasanya lain hanphone lain bahasanya. Pokoknya menu yang berisi Tipe perangkat.
    • Setelah itu di pengaturan akan menu baru yaitu “Opsi Pengembang”
    • Aktifkan Debugging USB
  5. Setelah anda berhasil mengaktifkan Debugging USB, berikutnya tancapkan USB ke Smartphone dan Laptop agar terkoneksi keduanya.
  6. Jalankan app yang sedang kita buat di Android Studio di laptop dengan cara klik Run ‘App’
  7. Selanjutnya akan muncul jendela Device Chooser
  8. Klik Choose a running device, jika terdeksi maka akan muncul nama Perangkat android anda
  9. Klik OK, tunggu beberapa saat kemudian di Perangkat android anda akan terbuka app yang sedang kita buat.
Demikian Trik hebat yang akan membuat Android Studio tidak lemot. Dan Semangat untuk menjadi developper android pun menjadi semakin berkobar.

Comments

  1. nk contect nombor blh x??sebab sy tengah bt final projek menggunakan android studio..harap dapat maklum balas dari en.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Android Studio Mengganti Icon Launcher App

Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

Mengenal Icon di tab Review MS.Word 2010