Cara Menambah gambar untuk project Android Studio

3 comments
Tutorial Android Studio kali ini akan membahas tentang bagaimana cara agar gambar yang ada di komputer dapat digunakan untuk membuat project aplikasi. Umumnya orang membuat aplikasi tidak hanya menampilkan teks saja, melainkan memerlukan gambar-gambar untuk mempercantik tampilan aplikasi.

Bagi developer yang sudah mahir sudah pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam mengambil gambar yang ada di media penyimpanan, tapi bagi saya yang masih awam dengan Android Studio awalnya dibuat pusing tujuh keliling.  Namun setelah berusaha googling, akhirnya menemukan blogger yang baik hati yang mengulas masalah ini.

Untuk menambah gambar ke dalam aset project di Android Studio, ada trik khusus dimana fungsi klik kanan memegang peranan penting. Tapi sebelumnya kita siapkan dulu gambar yang akan ditambahkan ke aset project, misalnya saya mempunyai gambar bernama “alogo” dan saya simpan di drive C:User/User/My Pictures/alogo.

Agar gambar yang bernama “alogo” dapat dimanfaatkan untuk aset dalam project, maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Klik kanan file yang bernama “alogo
  2. Klik Copy
  3. Buka project Android Studio
  4. Temukan folder “drawable” kemudian klik kanan
  5. Show in Explorer
  6. Doubel klik folder “drawable
  7. Klik kanan di tempat yang kosong
  8. Klik Paste

Nah sekarang gambar “alogo” sudah ada di dalam folder “drawable” dan bisa digunakan untuk keperluan project Android Studio.

Artikel Terkait :

3 comments:

  1. Terima kasih banyak tutorialnya,apakah ada cara lain memasukan gambar tanpa copy paste ?

    ReplyDelete